SHARE
sumber : andriewongso.com

Sukses, sering kita dengar kata-kata sukses. Saat kita didepan komputer ada pesan “software installation successful” , atau ‘new pattern anti virus successful update.’ Atau saat kita menyelesaikan pekerjaan, baik itu proyek, atau menyelesaikan studi, banyak ucapan sukses untuk kita.

Dibalik cerita yang akan saya tulis selanjutnya mengenai sukses, adalah ketika saya reuni dengan temen-temen SMK angkatan yang sudah senior. Ada yang dosen , guru, bahkan pengusaha, mereka antusias mendiskusikan bagaimana modeling sukses sudah direncanakan pada profil siswa baru yang akan masuk ke SMK, sebagai bahan masukan kepada Sekolah dalam menentukan kriteria siswa baru yang akan masuk. Banyak faktor-faktor yang mereka ungkapkan, yang mungkin merujuk diri sendiri atau temen yang dikatakan sukses. Walaupun dalam tataran ilmiah ini hanyalah hipotesis yang menentukan penelitian lebih lanjut, namun dalam tulisan ini saya tidak akan meneruskan itu, saya hanya akan mengunkapakan fenomena belajar yang saya tangkap mengenai apa itu sukses, dan semoga bermanfaat bagi rekan-rekan muda, adik-adik kelas yang baru lulus dalam membuat proposal kesuksesan. (red : penulis sudah merasa tua dan sukses menjalani umur sampai tua haha).

Dari latar belakang diatas, pada akhir tulisan ini nanti semoga bisa menjawab apa itu sukses, bagaimana aplikasinya untuk kehidupan kita, terutama para muda-muda yang ingin segera sukses dengan cepat.

Walaupun sudah ada definisi sukses menurut umum yang sering kita dengar atau saya telah mendefinisikan sendiri menurut pandangan saya, ada baiknya kita membaca definisi sukses dari beberapa ahli atau penulis berikut :

  1. Brian Tracy

Menurut Brian Tracy sukses di artikan sebagai berikut. “Success is the ability to live your life the way you want to live it, doing what you most enjoy, surrounded by people who you admire and respect.”– Brian Tracy, Million Dollar Habits. Artinya :  Sukses adalah kemampuan untuk menjalani hidup Anda sesuai dengan keinginan Anda, melakukan apa yang yang paling dinikmati, dikelilingi oleh orang-orang Anda senangi dan hormati.

Tracy menekankan pada menikmati dan menjalani hidup secara sendiri atau sosial bersama orang-orang lain, sehingga apa yang melekat pada diri kita hanyalah sebuah sarana untuk mencapai itu.

  1. Earl Nightingale

“Success is the progressive realization of a worthy ideal.” – Earl Nightingale, The Strangest Secret. Artinya Sukses adalah realisasi progresif dari ideal Anda yang bernilai.

Nightingale menekankan pada makna hidup bernilai yang diwujudkan dalam pencpaian kemajuan.

  1. Zig Ziglar

Kalau menurut Zig Ziglar pengertian sukses adalah “mendapatkan banyak hal yang bisa dibeli oleh uang – dan semua hal yang tak bisa dibeli oleh uang. Anda bisa membeli kasur, tapi Anda tak bisa membeli tidur yang nyenyak.”

Ziglar ini sedikit mengisaratkan soal pencapaian materi, walaupun pada akhirnya memakai sesuatu hal yang tidak sekedar yang bisa dibeli dengan uang.

Dari uraian diatas dan menurut penulis bahwa sukses adalah mencapai sesuatu, sesuatu yang tercapai adalah perwujudan dari tujuan-tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Atau dalam Bahasa yang lebih simple lagi, sukses adalah menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang telah kita rencanakan sebelumnya. Pekerjaan-pekerjaan tersebut berupa tujuan-tujuan hidup baik jangka pendek dan panjang dengan segala macam ragamnya. Dan permasalahan sukses selanjutnya adalah apakah kita sudah menenentukan berbagai macam tujuan hidup kita sehingga kalau satu persatu tercapai dan diselesaikan maka akan melekatlah pada diri kita sebagai orang yang sukses. Sering kita mengharapkan sukses tertentu tapi tidak merencanakan apapun dan tidak bertindak apapun yang berkorelasi dengan sukses yang kita harapakan.

Berikut contoh-contoh sukses : Mendapatkan nilai yang sesuai dengan yang telah ditetapkan, lulus kuliah 3,5 tahun sesuai rencana, membeli barang sesuai dengan jenis dan waktu yang telah ditentukan, mendapatkan laba usaha melebihi rencana, bertemu dengan orang sesuai dengan kencan yang telah direncanakan.

Dari uraian contoh sukses diatas, ada hal yang perlu dicermati adalah sukses telah ditetapkan kriteriannya dulu, ditetapkan ukurannya dulu, walaupun dari hal-hal yang terkecil, termasuk hanya menamatkan sebuah buku dalam waktu tertentu. Kata bijak lama bahwa sukses adalah perjalanan, dan dalam hidup ini kita mengumpulkan sukses demi sukses yang kecil sehingga menjadi bentukan sebuah sukses besar. Sebagai contoh seorang Presiden adalah kumpulan sukses2 ketika dia bersekolah, berorganisasi, bekerja, berdoa, dan skil sosial yang lainnya.

Lalu pertanyaannya kita kembalikan lagi ke kita masing-masing, seberapa jauh kita telah menetapkan sukses demi sukses kecil yang akan kita raih lengkap dengan ukuran atau kriterianya. Lalu apakah kita selama ini lupa mendefinisikan sukses sehingga tidak menjadi acuan perilaku kita dalam belajar dan bekerja yang katanya ingin sukses.

Belajar dari pengalaman penulis yang pernah menyusun kesuksesan kecil-kecilan. Dulu penulis suka sekali membaca tulisan psikologi, utamanya di majalah intisari. Lalu penulis ingin sekali bertemu dan berjabat tangan dengan psikolog ternama Indonesia, Prof. Sarlito Wirawan, dan pada waktu tertentu hal itu bisa sukses terlaksana, bahkan menjadi mahasiswanya. That’s a success!

Rekan semua terutama adik2 kelas yang baru beberapa tahun menapaki dunia kerja, tidak ada pekerjaan yang tepat sesuai dengan kita, utamanya bagi kita-kita yang tidak sabar untuk sukses tetapi tidak membuat rencana khusus untuk mencapainya bahkan malah berperilaku menjauhi sukses, terutama sukses menurut ukuran-ukuran umum. Pindah pindah kerja, mencari gaji yang besar, mencari perusahaan yang aman untuk berlindung dan lain-lainnya. Sukses bisa terjadi bila kita mencintai sepenuh hati kita akan pekerjaan kita, membangun kompetensi kita sehingga kita mempunyai daya saing dan kompetensi kita hari demi hari menjadi semakin mahal. Karis dan sukses adalah mengenai passion kita dalam menekuni profesi kiita dengan sepenuh hati bahkan bagaikan lentera dan panggilan jiwa kita dalam membangun eksistensi kita yang hari demi hari ingin diakui keberadaannya semakin membesar dan meluas.

Salam sukses untuk kita semua…apapun maknanya!

(Kiriman : Sugeng Utoyo)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY