SHARE

Bagaimana rasanya lulus sekolah? sedih, senang, terharu atau yang lainya? ya.. peristiwa kelulusan sekolah merupakan proses peralihan dalam hidup yang bisa jadi sangat mendebarkan, atau bisa juga dianggap biasa saja oleh sebagian orang. Apapun rasanya hendaknya dituangkan dengan cara-cara atau kegiatan yang positif seperti megadakan syukuran, menyumbangkan bekas pakaian seragam kepada yang membutuhkan, dan sejenisnya. bukan dengan kegiatan negatif seperti corat coret baju, pawai kendaraan bermotor sembarangan, dll. o.k kembali ke topik, mari kita identifikasi macam-macam rasa yang mungkin menghinggap dalam dada ketika lulus sekolah.

Beberapa hal yang mungkin dirasakan ketika lulus sekolah

  1. Sedih, karena harus berpisah dengan teman-teman yang selama ini belajar bersama dibangku sekolah, bisa juga sedih karena tidak lagi berada dilingkungan sekolah seperti dulu, kangen dengan suasana, pohon-pohon, guru dan macam macam kegiatan sekolah.
  2. Terharu, hik.. hik.. hik.. akhirnya bisa kelar juga sekolah sampai lulus, mengingat perjuangan yang berat untuk bisa belajar, atau membayangkan perjuangan orang tua dalam mencari biaya pendidikan.
  3. Senang, ada juga yang bersorak gembira karena merasa telah terlepas dari beban untuk belajar setiap hari, lepas dari tanggung jawab untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru disekolah.
  4. Takut masa depan, hwo.. hwo.. bagaimana masa depan saya setelah lulus sekolah, kemana saya harus melamar pekerjaan bermodal ijazah yang didapat, mau usaha apa dengan bekal ilmu dan pengalaman yang sudah ada, atau apakah saya akan lolos seleksi di perguruan tinggi incaran.
  5. Sebel / benci, ada juga yang uring-uringan karena merasa terlalu cepat untuk berpisah dengan sekolah tercinta.
  6. Biasa saja, ya.. banyak juga yang merasa bahwa tidak ada yang istemewa pada momen kelulusan sekolah.

 

Apalagi perasaan yang mungkin timbul saat lulus sekolah? sekali lagi apapun rasanya, hendaknya tetap  diekspresikan dengan cara yang baik-baik, ingat perjuangan masih panjang karena dibelakang sana masih ada rintangan yang harus diterjang, lulus sekolah bukan berarti telah berhenti untuk belajar namun justru merupakan momen kenaikan tangga untuk menerima pelajaran kehidupan yang lebih sulit. Nah.. pertanyaanya adalah bagaimana perasaanmu ketika mengalami kelulusan sekolah?

(Author Ahadi, http://www.ilmusipil.com/bagaimana-rasanya-lulus-sekolah)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY