SHARE

SEMARANG – Dunia pendidikan Kota Semarang patut kembali dibanggakan. Pasalnya, sekelompok siswa dari SMK Negeri 7 Semarang berhasil membuat mesin pencetak bentuk tiga dimensi.

Menurut salah seorang siswa yang juga koordinator kelompok, Noorhadi (18) mengatakan, mesin pencetak atau yang lebih dikenal dengan printer tersebut merupakan bagian dari tugas sekolah. “Idenya diilhami dari kakak kelas. Kemudian kami sepakat untuk mencoba membuatnya,” kata Noor, Rabu (18/2).

Menurut Noor, pengoperasian printer 3D yang dibuat kelompoknya menggunakan program Replicator G di dalam PC yang sudah terintegrasi dengan printer. Jika hasilnya siap cetak, nantinya seperangkat komponen bernama ‘extruder’ akan menahan bahan plastik yang berbentuk tali di atasnya kemudian mencairkannya dan menuangkannya ke komponen papan dibawah ‘extruder’.

“Mejanya ini (papan bawah extruder) akan bergerak di rel axis X dan axis Y mengikuti desain. Extruder akan bergerak sesuai layer,” imbuh dia.

Untuk hasil, saat ini printer 3D yang menghabiskan dana sekitar Rp 7 juta tersebut baru dapat menghasilkan dimensi maksimal 12cm x 12cm x 20cm. Beberapa benda yang bisa dibuat hingga saat ini di antaranya dudukan handphone dan beberapa bentuk mainan binatang dengan bahan plastik ABS.

“Printer ini kami selesaikan sekitar 2,5 bulan, masih memerlukan penyempurnaan karena kadang meleset. Ini masih terus dikembangkan,” tandas siswa kelas 4 teknik permesinan tersebut.

 

pernah dimuat di http://metrosemarang.com/hebat-siswa-smkn-7-semarang-ciptakan-printer-3dprinter-3d

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY