SHARE

     Telah ditemukan bahwa keseimbangan otak kanan dan otak kiri pada awal kehidupan anak dapat meningkatkan kecerdasan sampai pada batas maksimal. Salah satu unsur yang yang dikendalikan oleh otak kanan adlah daya kreativitas.Kreativitas adalah daya keamampuan seseorang  untuk menghasilkan konsep dan gagasan yang sama sekali baru,berbeda dan unik,yang sebelumnya  tidak ada pembuatnya.Kreativitas bukan semata fantasi biasa ,namun harus mempunyai maksud dan tujuan.

Antara Kreativitas dan Intelegensi

Kreativitas merupakan salah satu ciri dari perilaku intelegensi, karena merupakan manifestasi dari suatu proses kognitif. Skor IQ yang rendah memang diikuti oleh tingkat kreativitas yang rendah pula.Tetapi pada IQ yang lebih tinggi lagi tidak ditemukan adanya hubungan antara IQ dengan tingkat kreativitas.Karena kreativitas adalah suatu proses berpikir yang bersifat divergen. Yaitu kemampuan untuk memberikan berbagai alternatif jawaban berdasarkan informasi yang diberikan.Sebaliknya tes Intelegensi adalah bersifat konfergen dengan hanya satu jawaban saja yang logis.

Seberapa Pentingkah Kreativitas?

Kreativitas sangat penting bagi penyesuaian pribadi dan sosial yang baik pada anak.Perlu diingat bahwa kreativitas merupakan suatu proses , bukan hasil.Kreativitas mengarah pada proses penciptaan sesuatu yang baru, berbeda,unik bagi anak ,baik itu berbentuk lisan maupun tulisan, konkrit maupun abstrak. Kreativitas dapat ditingkatkan  dengan cara :

– Adanya waktu dan kesempatan yang cukup

Berikanlah anak untuk bermain dengan gagasan dan konsepnya, serta biarkan mereka mencoba dalam bentuk yang baru dan orisinil.Pembatasan kegiatan anak hanya akan membuatn kreativitasnya padam.

–  Kesendirian

Anak bisa menjadi kreativ bila dia tidak mendapat tekanan dari kelompok sosial. Dengan adanya waktu dan kesempatan menyendiri, anak dapat mengembangkan kehidupanyang kaya imajinasi.

–    Dorongan

Bimbingan dan dorongan dari lingkungan rumah dan sekolah yang diberikan sejak dini dapat menjadikan kreativitas sebagai suatu pengalaman yang menyenangkan dan dihargai secara sosial.

–    Sarana

Sarana bermain dapat merangsang dan mendorong anak untuk bereksperimen dan bereksplorasi dengan benda-benda di sekitarnya.

–    Kesempatan mendapat pengetahuan

Semakin banyak pengetahuan yang didapat anak, kreativitas akan semakin terasah.

–    Hubungan orang tua dengan anak

Orang tua yang terlalu keras terhadap anak, dapat memadamkan kreativitas anak. Sedangkan orang tua yang tidak terlalu melindungi (posesif) terhadap anak, mendorong anak untuk mandiri dan percaya diri.

kreatif2

Biarkan Kreativitas Berkembang

Riset Dr,Dale Grubb menunjukkan bahwa anak yang orang tuanya benar-benar “membiarkan mereka” , akan menjadilebih kreativ dibandingkan dengan anak yang orang tuanya lebih banyak terlibat dalam proses kreativitas mereka. Sebaliknya para orang tua yang suka mengajari anak , cenderung mempunyai anak yang kurang kreativ.Berikut ini hal-hal yang dapat menghambat kreativitas:

  • Kurangnya rangsangan
  • Sikap negatif dario linhkungan
  • Kurangnya penghargaan.

Saran Bagi Orang Tua

Menjadi kreativ sangat penting bagi anak kecil, karena menambah makna dalam permainannya.Agar kreativitas tuimbuh berkembang dalam diri anak maka sebaiknya para orang tua agar mnghindari alat –alat permainan  yang memaksakan konsep struktur , memilih alat permainan yang bentuknya dapat diubah-ubah.

Satu hal yang tidak boleh diabaikan adalah memberikan penghargaan  akan apapun hasil anak.Beri pujian. Jika  orang tua menghargai kreativitas anak dan memberikan dukungan tanpa terlalu mengarahkan , maka anak-anak akan lebih kreativ. Apalagi bila mereka sendiri juga kreativ.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY