SHARE

Mengompol adalah keadaan yang lazim terjadi pada anak-anak.Namun jika anak masih terus mengompol setelah umur lima tahun dan menjadi kebiasaan, maka seharusnya diperiksakan ke dokter, Tidak selalu menyinggung anak anak yang mengompol akan menjadikannya tidak terulang kembali.

     Kebiasaan mengompol pada anak-anak biasanya terjadi karena faktor-faktor emosional kejiwaan, seperti memukul anak dengan keras sebelum tidur, anak tidak mendapat kasih sayang dan perhatian yang cukup, meninggalnya seseorang yang dicintainya, orang tua yang menakut-nakuti, sindiran terhadap anak di depan saudaranya, rasa cemburu kepada adik atau sikap pilih kasih orang tua yang tidak adil.

     Hal tersebut di atas adalah pernyataan dari DR.Holt, salah seorang ahli dalam bidang ini. Beliau mengatakan juga bahwa,” Kebiasaan mengompol pada sebagian besar kondisi merupakan suatu  kebiasaan yang sangat berhubungan erat dengan kebiasaan lain yang menunjukkan adanya ketidaknyamanan yang berlebihan pada sistem syaraf anak.”

Cara untuk menghindari anak dari mengompol

  1. Melimpahkan rasa kasih sayang dan lemah lembut terhadap anak dan memperlakukan dengan baik.
  2. Hukuman fisik sebagai solusi akhir yang hanya dilakukan setelah usia sepuluh tahun dengan cara tidak menyakitkan. Namun hanya untuk memberi pelajaran.
  3. Tidak mencela anak karena kebiasaan buruk tersebut, akan tetapi memotivasi untuk meninggalkan dan meyakinkan dia bahwa dirinya mampu terlepas dari kebiasaan buruk tersebut.
  4. Menumbuhkan rasa percaya diri.
  5. Tidak memperbanyak minum air sebelum tidur.
  6. Tidak memperbanyak makan rempah-rempah /pedas di siang hari.
  7. memberikan anak pakaian yang mudah dilepas, sehingga tidak merasa malas untuk buang air kecil di kamar mandi.
  8. Tidak mendikte anak yang berlebihan
  9. Memberikan penyinaran yang cukup di ruangan rumah, yang memungkinkan anak ke kamar mandi malam hari.
  10. Memberikan anak untuk tidur siang satu atau dua jam, sebab hal ini akan membantu anak untuk bangun di malam hari dan buang air kecil di malam hari.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY